haid disertai demam, pusing dan menggigil?

*PERTANYAAN*

     Halo dokter, saya ela  ,dlm bberapa bulan ini setiap haid/ dapet saya selalu badan menggigil, demam dan kepala pusing,badan juga terasa sngat lemas apkah normal dok? sbelumnya saya tdk pernah mrasakan  keluhan sperti ini saat (haid), kecuali perut yg terasa mulas dan kembung ,

darah haid yg keluar juga warnanya lebih pekat, coklat terutama di hari 1-3 pertama, mohon penjelasannya dokter
terimakasih.

*JAWABAN dr.erlina *

Alo Ela,
Pada ‏‏‏‎‏‎saat menjelang‏‏‎ ‏‏‎dan ‏‏‎selama ‏‏‎menstruasi, terjadi perubahan fluktuatif ‏‏‎kadar ‏‏‎hormon ‏‏‎reproduksi. H‏‏‎‏‏‎al tersebut berkaitan dengan proses‏‏‎ ‏‏‎ovulasi dan proses penebalan dinding‏‏‎ rahim ‏‏‎untuk ‏‏‎persiapan ‏‏‎pembuahan. Kondisi‏‏‎ fluktuasi hormon‏‏‎ tersebut‏‏‎ menyebabkan berbagai ‏‏‎gejala yang ‏‏‎disebut ‏‏‎dengan‏‏‎ ‏‏‎sindrom pra menstruasi. Gejalanya ‏‏‎sangat bervariasi ‏‏‏‎‏‎untuk tiap individu. Gejala juga ‏‏‎dapat berubah-ubah, tidak ‏‏‎selamanya gejala pra menstruasi ‏‏‎akan sama ‏‏‎seterusnya.

Kadangkala‏‏‎ ‏‏‎terdapat‏‏‎ ‏‏‎gejala‏‏‎ yang sebelumnya tidak ‏‏‎pernah muncul, namun ‏‏‎mendadak muncul. Ada kalanya juga gejala menghilang. ‏‏‎Semua ‏‏‎itu dipengaruhi ‏‏‎oleh kondisi hormonal seseorang.‏‏‎ Gejala yang ‏‏‎anda deskripsikan kemungkinan‏‏‎ ‏‏‎adalah gejala normal ‏‏‎menjelang dan selama menstruasi. ‏‏‎Gejala tersebut dapat berbeda dari ‏‏‎orang lain.
‏‏‎
Perubahan ‏‏‎kadar hormon‏‏‎ juga dapat mengubah volume dan warna darah mestruasi. ‏‏‎Selama siklus menstruasi anda tidak terganggu, ‏‏‎tidak ada nyeri yang berat, maka ‏‏‎seharusnya anda tidak perlu terlalu khawatir. Namun, bila ‏‏‎hal ini sangat mengganggu anda, konsultasikan dengan ‏‏‎dokter kandung‏‏‎an. Bicarakan semua kekhawatir‏‏‎an anda, sehingga dokter memiliki gambaran adak‏‏‎ah kelainan atau tidak. ‏‏‎Anda dapat mengonsumsi ‏‏‎obat penurun panas bila demam ‏‏‎sangat mengganggu,‏‏‎ atau minum banyak air agar ‏‏‎panas dibuang melalui urin dan keringat. Konsumsi banyak sayur, buah, dan ‏‏‎protein untuk meningkatkan stamina ‏‏‎anda. Istirahat yang cukup, ‏‏‎terutama tidur ‏‏‎malam.

Semoga‏‏‎ jawaban ‏‏‎ini membantu ‏‏‎ya. Salam.

Info Terkait !!