√ jumlah wanita di neraka lebih banyak dibandingkan laki-laki?

Inilah jawabanya:

Nabi sallallahu’alaihi wa sallam Telah memberi pernyataan :bahwa para wanita itu lebih banyak sebagai penghuni neraka.kenapa?
sebabnya adalah, Nabi s.a.w. ditanya tentang hal itu, dan beliau menjelaskan dalam riwayat Abdullah bin Abbas radhiallahu’anhuma, dia berkata, Nabi s.a.w. bersabda,

َأُرِيتُ النَّارَ فَلَمْ أَرَ مَنْظَرًا كَالْيَوْمِ قَطُّ أَفْظَعَ وَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا النِّسَاءَ ، قَالُوا : بِمَ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ : بِكُفْرِهِنَّ ، قِيلَ : يَكْفُرْنَ بِاللَّهِ ، قَالَ : يَكْفُرْنَ الْعَشِيرَ وَيَكْفُرْنَ الإِحْسَانَ لَوْ أَحْسَنْتَ إِلَى إِحْدَاهُنَّ الدَّهْرَ كُلَّهُ ثُمَّ رَأَتْ مِنْكَ شَيْئًا قَالَتْ مَا رَأَيْتُ مِنْكَ خَيْرًا قَطُّ (رواه البخاري، رقم 1052) .

“Saya diperlihatkan neraka. Saya tidak pernah melihat pemandangan seperti hari ini yg sangat mengerikan. & saya melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita. Mereka bertanya, ‘Kenapa wahai Rasulallah? Beliau bersabda, ‘Dikarenakan kekufurannya.’ Lalu ada yg berkata ‘Apakah kufur kepada Allah?’ Beliau menjawab, ‘Kufur terhadap pasangannya, maksudnya adalah mengingkari kebaikannya. Jika kita berbuat baik kepada salah seorang wanita sepanjang tahun, kemudian dia melihat anda (sedikit ) kejelekan. Maka dia akan mengatakan, ‘Saya tidak melihat kebaikan sedikitpun dari kamu.” (HR. Bukhari, no. 1052)

Dari Abu Said Al-Khudri radhiallahu anhu, dia berkata, Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallam keluar waktu Ied Adha / ied Fitri & melewati para wanita & beliau bersabda:


Seharusnya untuk para wanita mukmin yg mengetahui hadits ini berbuat seperti perbuatan mereka para wanita shahabat. Ketika mengetahui hal ini, mereka langsung melakukan kebaikan, dimana hal itu dengan izin Alah sebagai sebab yg dapat menjauhkan mereka masuk ke dalam kelompok yg terbanyak (masuk neraka). Maka nasehat kami kepada para wanita muslimah, agar terus menjaga komitmen dengan syiar Islam &kewajibannya. Terutama shalat serta menjauhi apa yg diharamkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala terutama syirik dgn segala macam bentuknya yg berbeda2 yg tersebar ditengah2 para wanita seperti memohon keperluan kepada selain Allah & mendatangi sihir, tukang ramal &semisal itu.

Baca ini juga : pesan nabi untuk umat sebelum wafat


“Wahai para wanita, keluarkanlah shadaqah karena saya diperlihatkan bahwa kebanyakan penghuni neraka : dari kalangan kalian. Mereka berkata, ‘Kenapa wahai Rasulullah? Beliau berkata: “Kalian sering mengumpat, & mengingkari pasangan kalian. Saya tidak melihat (orang) yg kurang akal dan agama dari kalangan anda semua dibandingkan seorang laki2 yg cerdas.’ Mereka bertanya, ‘Apa kekurangan agama & akal kami wahai Rasulullah?’ Beliau menjawab, ‘Bukankah persaksian (syahadah) seorang wanita itu separuh dari persaksian orang laki2′ Mereka menjawab: ‘Ya.’ Beliau melanjutkan: ‘Itu adalah kekurangan akalnya. Bukankah kalau wanita itu haid tidak shalat & tidak berpuasa.’ Mereka menjawab, ‘Ya.’ Beliau mengatakan, ‘Itu adalah kekurangan agamanya.” (HR. Bukhari, no. 304)


Mari kita memohon kepada Allah agar menjauhkan kita & saudara-saudara kita dari panasnya api neraka & yg mendekatkan ke perbuatan baik berupa ucapan maupun perbuatan.

Baca juga : istri harus tau-tiket ke surga ternyata?

Info Terkait !!